Sabtu, 10 November 2018

Pembelajaran Kelas 4 SD Bagian-bagian Tumbuhan


BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN


Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri, karena memiliki zat hijau daun (klorofil). Proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis air dan mineral diolah bersama klorofil dengan bantuan sinar matahari menjadi zat makanan (glukosa) dan oksigen. Zat makanan yang dihasilkan akan disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan, sedangkan oksigen dikeluarkan ke lingkungan dan dimanfaatkan makhluk hidup lainnya untuk bernafas. Oleh karena itu, tumbuhan mempunyai peranan penting bagi kehidupan maklhuk hidup di bumi.
Secara umum bagian utama tumbuhan adalah akar, batang, dan daun. Pada tumbuhan yang lebih lengkap dapat dijumpai bagian lain berupa bunga, buah, dan biji. Setiap bagian dari tumbuhan mempunyai fungsi berbeda untuk menjamin kelangsungan hidupnya.
Bagian-bagian tumbuhan

1.    Akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang paling bawah. Akar biasanya terdapat di dalam tanah, namun ada yang terdapat di atas permukaan tanah. Akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral, menegakkan tumbuhan, dan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.
Berdasarkan bentuknya, akar dibedakan menjadi:
a.    Akar serabut, adalah akar yang keluar dari pangkal batang dan umumnya bergerombol sebagai pengganti akar tunggang yang tidak berkembang. Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan monokotil (berkeping satu), contohnya: tumbuhan padi, jagung, tebu, rumput-rumputan, dan lain-lain.
b.    Akar tunggang, adalah akar utama yang tumbuh dari biji yang biasanya tegak ke bawah dan dimiliki oleh tumbuhan dikotil (berkeping dua). Contohnya:  akar pohon mangga, jeruk, rambutan, kacang, nangka, dan lain-lain.
Akar tunggang dan akar serabut
Berdasarkan fungsinya, akar dibedakan menjadi:
a.    Akar napas, adalah akar yang muncul kepermukaan  tanah yang berfungsi untuk bernafas. Contohnya: akar tumbuhan bakau jenis api-api.
b.    Akar gantung, berfungsi untuk mengambil uap air dari udara. Contohnya: akar pada pogon beringin.
c.    Akar papan, berfungsi mebantu tegaknya tumbuhan. Contohnya: akar pada pohon kenari dan pohon randu.
d.  Akar tunjang, berfungsi untuk membantu menahan tumbuhan agar tidak roboh. Contohnya: akar pohon pandan.
e. Akar pelekat, berfungsi untuk membantu tumbuhan melekat/merambat pada tumbuhan lain atau dinding. Contoh: akar sirih dan anggrek.

Akar napas
Akar gantung
Akar papan
Akar tunjang
Akar pelekat
2.    Batang
Batang adalah bagian tumbuhan yang ada di atas tanah yang berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral dari dari akar ke daun, tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah, serta sebagai tempat menyimpan cadangan makanan bagi beberapa jenis tumbuhan. Berdasarkan jenisnya batang dibedakan menjadi:
a.  Batang berkayu, adalah batang yang memiliki ciri bertekstur keras dan memiliki kambium. Kambium adalah lapisan sel pada tumbuhan berkayu yang berfungsi untuk pembesaran batang. Kambium biasanya terdapat diantara pembuluh angkut xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju ke daun, sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Contoh tumbuhan berkayu: manga, jeruk, jati, karet, rambutan, nangka, dan lain sebagainya.
b. Batang basah, adalah batang yang memiliki ciri bertekstur lunak karena mengandung banyak air dan mudah patah/roboh. Contoh tumbuhan berbatang basah: padi, jagung, bayam, sawi, seledri, dan lain sebagainya.
Batang berkayu        Batang basah


 
3.    Daun
Daun adalah bagian tumbuhan yang berbentuk lembarandan tumbuh pada cabang-cabang batang. Daun berfungsi sebagai tempat membuat makanan, tempat keluarnya uap air dan oksigen, sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, dan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif pada beberapa jenis tanaman.
Bagian-bagian daun

Berdasarkan jenis tulang daunnya, daun dibedakan menjadi:
Tulang daun menyirip
Contohnya: daun jambu, mangga, rambutan, nangka, dan lain sebagainya
Tulang daun sejajar
Contohnya: daun padi, jagung, dan rumput-rumputan.

Tulang daun melengkung
Contohnya: daun sirih dan eceng gondok
Tulang daun menjari
Contohnya: pepaya dan singkong

Berdasarkan jumlah helai daunnya, daun dibedakan menjadi:

Daun majemuk
Contohnya: daun kelapa, putri malu, petai cina, belimbing, dan lain sebagainya
Daun tunggal
Contohnya: daun teratai, jeruk, mangga, singkong, dan lain sebagainya

Berdasarkan bentuknya, daun dibedakan menjadi:
Bentuk daun lonjong
Contohnya: daun jambu, mangga, belimbing, nangka, bunga soka, dan lain sebagainya
Bentuk daun memanjang
Contohnya: daun pandan, padi, jagung, dan rumput-rumputan.


Bentuk daun bulat telur
Contohnya: daun cabai rawit dan bunga sepatu
Bentuk daun ginjal
Contohnya: daun pegagan atau daun kaki kuda

4.    Bunga
Bunga adalah alat perkembangbiakan pada sebagaian besar tumbuhan. Berdasarkan kelengkapannya bunga dibedakan menjadi 2, yaitu: bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki semua bagian bunga seperti kelopak, mahkota, putik, dan benangsari. Sedangkan bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu bagian bunga. Berdasarkan alat kelaminya, bunga dibedakan menjadi:
a.
Bunga sempurna, adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan dan alat kelamin betina.
b.
Bunga jantan, adalah bunga yang hanya memiliki alat kelamin jantan.
c.
Bunga betina, adalah bunga yang hanya memiliki alat kelamin betina

Bunga sempurna
Bunga jantan
Bunga betina
Bagian-bagian bunga lengkap:
a.    Tangkai bunga, adalah bagian bunga yang menghubungkan bagian bunga dengan batang/ranting yang berfungsi untuk menahan bunga berdiri tegak.
b.    Kelopak bunga, adalah bagian bunga yang berwarna hijau yang berfungsi untuk melindungi bunga sebelum mekar.
c.    Mahkota bunga, adalah bagian bunga yang berwarna yang berfungsi untuk menarik perhatian hewan yang membantu proses penyerbukan.
d.    Benang sari, adalah alat kelamin jantan. Di benang sari banyak terdapat serbuk sari yang akan menempel pada putik.
e.    Putik, adalah alat kelamin betina. Di dalam putik terdapat bakal buah dan bakal biji yang akan berkembang menjadi buah dan biji melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Sedangkan, pebuahan adalah peristiwa bertemunya sel kelamin jantan dan kelamin betina.


5.    Biji
Biji adalah calon tumbuhan baru. Biji dibedakan menjadi dua, yaitu biji berkeping satu (monokotil) dan biji berkeping dua (dikotil). Tumbuhan  yang meemiliki biji monokotil memiliki ciri tulang daunnya sejajar atau melengkung, batangnya tidak berkambium, jumlah mahkota bunganya 3 atau kelipatannya, dan akarnya serabut. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki ciri tulang daunnya menyirip atau menjari, batangnya berkambium, jumlah mahkota bunganya terdiri dari 2, 4, 5, atau kelipatannya, dan memiliki akar tunggang.
6.    Buah
Buah adalah bagian tumbuhan yang membungkus atau melindungi biji yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Buah terdiri dari 3 bagian, yaitu: kulit buah, daging buah, dan biji.
Berdasarkan pembentukannya buah dibedakan menjadi buah asli (sejati) dan buah palsu (semu). Buah asli adalah buah yang berasal dari bakal buah, contohnya: buah rambutan, mangga, dan jeruk. Sedangkan buah palsu adalah buah yang tidak berasal dari bakal buah, contohnya: buah nanas, apel, dan jambu monyet. 




Rujukan:
Irene, dkk. 2015. Erlangga Straight Point Series (ESPS) IPA untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Gambar bagian-bagian tumbuhan. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0LG6jUsuop3naK8T445HxSQ_8rdtNed6agBwAl4HFrxrPWa68nTyrUxow11qDcce51XJkc80UkuPvHzY9tsCLQ3ihgWf_8Cy-aDc7EUDkpgNnaIq7gbPbR36TcDXHxLlmQlqaR9xxOfAb/s1600/sd4ipa+SenangBelajarIPA-313.jpg (diakses tanggal 9 Nipember 2018)

Gambar akar tunjang dan serabut. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOFVE8IBSlD9kXERMNSt9Uq2N6C-bElp0HVPJiMdlFC0DAcQ0h139VeoUqgAc8IQJg0e_2SL1JEf_L347o3obATCCJn_yEnIi4yxRBVNJdUChuyO2AuQzbj_oRF2rShGVXh1mhZtzz7Qs/s1600/akar+tunggang.jpg
(diakses tanggal 9 Nipember 2018)

Gambar bayam. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjR39amIy5fEaCJ_AxzXzjPn72B1YenoWeokU0Pc4060e9vwib89OpU3u868C8uTW9YylOOXKtHGoZRlPAegC2beGONoFDJYSUOW5uKiSzNGe5pR0IsrIbnwM8EyHrfbVAH-GCs99E8qM9q/s200/1203237_bayamratu.jpg
(diakses tanggal 9 Nipember 2018)


Lokasi: Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia

7 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama"...maaf masih banyak kekurangan-kekurangannya 😄🙏

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sama" Bunda Dina Septa... terimakasih dah kunjungi blog kami, maaf masih banyak kekurangannya. 😄🙏

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak bund bahan pembelajarannya.

    BalasHapus
  5. Sama"...maaf masih banyak kekurangan-kekurangannya 😄🙏

    BalasHapus