Rabu, 21 November 2018

Pembelajaran Kelas 4 SD Sumber Daya Alam (SDA)

SUMBER DAYA ALAM (SDA)


Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.  Berdasarkan ketersediaanya Sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sumber daya alam dapat diperbaharui (terbarukan) dan Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui (todak terbarukan).

1.    Sumber daya alam dapat diperbaharui (terbarukan).
Sumber daya alam dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali (dilestarikan) setelah kita menggunakannya. Contohnya: air, tanah, udara, matahari, angin, tumbuhan, dan hewan.

Sumber daya alam dapat diperbaharui dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
a.   Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam yang berasal dari berbagai makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Sumber daya alam ini dapat dilestarikan dengan cara melakukan sistem tebang pilih, reboisasi, membuat penangkaran, hutan lindung, cagar alam, dan suaka margasatwa. 
Ciri SDA hayati yakni dapat tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, dan memerlukan makan

     Sumber daya alam hayati dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1) Sumber daya alam nabati, adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan.
2)    Sumber daya alam hewani, adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan.
b.  Sumber daya alam nonhayati, yaitu sumber daya alam berupa benda tak hidup, seperti air, tanah, dan udara. 
Air merupakan SDA dapat diperbaharui melalui siklus air.

2. Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui (tidak terbarukan).
Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya dan akan habis jika digunakan secara terus menerus. Sumber daya alam tidak dapat diperbarui harus kita hemat penggunaannya karena membutuhkan waktu yang sangat lama (berjuta-juta tahun lamanya) untuk dapat dihasilkan kembali. Contohnya: batu bara , minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, dan lain sebagainya.
Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a.    Sumber daya alam mineral logam, contohnya: emas, perak,  platina, besi, timah, nikel, tembaga, aluminium, dan mangaan.
Emas, contoh SDA logam

b.    Sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan), contohnya: pasir kuarsa, batu kapur, marmer, kaolin, intan, mika, asbes, batu granit, bentonit atau abu bumi, belerang, tras dan fosfat.
Belerang, contoh SDA mineral bukan logam

c.    Sumber daya energi, adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil tenaga atau bahan bakar. Contohnya: minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi dan tenaga surya.
Batu Bara contoh SDA Energi




Rujukan

Rosdijati, Nani, & Irma MKA. 2015. Erlangga Straight Point Series (ESPS) Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pujiati, Retno Heny, & Umi Yuliati. 2008. Cerdas Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumayasa Dum Edukasi. Jenis-jenis Sumber Daya Alam Tematik Kelas 4 Tema 3. https://www.youtube.com/watch?v=TzkX3X7pIcQ



Lokasi: Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar